Beranda | Artikel
Ayat-Ayat Allah Yang Tertulis dan Yang Terlihat
Kamis, 22 Juni 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Ayat-Ayat Allah Yang Tertulis dan Yang Terlihat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Kitab Al-Fawaid. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 19 Dzulqa’dah 1444 H / 08 Juni 2023 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Ayat-Ayat Allah Yang Tertulis dan Yang Terlihat

Cara Mengenal Allah

Ada dua cara untuk mengenal Allah Subhanahu wa Ta’ala. Pertama, dengan memperhatikan tanda-tanda kekuasaan-Nya pada makluk-Nya.

وَفِي الْأَرْضِ آيَاتٌ لِّلْمُوقِنِينَ ‎﴿٢٠﴾‏ وَفِي أَنفُسِكُمْ ۚ أَفَلَا تُبْصِرُونَ ‎﴿٢١﴾

“Dan di permukaan bumi ini terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang yakin dan juga pada dirimu sendiri. Apakah kamu tidak menyaksikannya?” (QS. Az-Zariyat[51]: 20-21)

Melihat makhluk (apalagi yang besar) dan makhluk-makhluk yang teratur, dan indah, seperti pergantian siang dan malam, matahari, bulan, dan lainnya. Semua ini menunjukkan bahwa pasti yang menciptakannya adalah Yng Maha sempurna ilmu-Nya, Maha Sempurna kekuasaan-Nya dan Maha Tinggi Hikmah-Nya. Karena Dia menempatkan segala sesuatu tepat pada tempatnya.

Kedua, dengan cara memikirkan dan merenungkan ayat-ayat Allah yang terdapat di dalam Al-Qur’an. Maka makhluk Allah itu adalah tanda-tanda yang bisa disaksikan, sedangkan ayat-ayat Al-Qur’an adalah tanda-tanda yang bisa didengarkan dan dipikirkan maknanya serta direnungkan isinya.

Contohmemperhatikan ayat-ayat Allah berupa makhluknya, disebutkan dalam firman Allah:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ…

“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian siang dan malam, dan juga bahtera yang berlayar di lautan untuk mendatangkan hal-hal yang bermanfaat bagi manusia…” (QS. Al-Baqarah[2]: 164)

Sampai di akhir ayat ini terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah.

Kemudian juga firman Allah:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, dan pergantian siang dalam malam benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 190)

Dan ini banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Hal ini adalah untuk memperkuat keyakinan kita dan tunduk di hadapan kemahakuasaan Allah.

Adapun ayat-ayat yang bisa kita renungkan dan pikirkan maknanya, contohnya adalah dalam firman Allah:

أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ…

“Apakah mereka tidak merenungkan (memikirkan makna dan menghayati isi) Al-Qur’an?” (QS. Muhammad[47]: 24)

Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

أَفَلَمْ يَدَّبَّرُوا الْقَوْلَ…

“Apakah mereka tidak merenungkan firman Allah di dalam Al-Qur’an?” (QS. Al-Mu’minun[23]: 68)

Ini adalah ayat-ayat yang menyuruh kita untuk mengambil pelajaran dari perenungan terhadap ayat-ayat Al-Qur’an, utamanya untuk menetapkan sifat-sifat kesempurnaan Allah yang ini merupakan sebab utama yang akan menumbuhkan dan menguatkan iman di hati kita.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52989-ayat-ayat-allah-yang-tertulis-dan-yang-terlihat/